Kamis, 14 April 2011

cerita sedih

Dalam proses resizing foto foto kemarin, maaf ya buat para customer yang belum sempat mendapat laporan foto cakesnya..bumil kerepotan sekali memanage waktu antara jadwal antar jemput sekolah anak-anak, pekerjaan rumah tangga, pesanan cakes dan pasta..juga memanage rasa mual yang kadang datang.. insya Allah bulan depan kayaknya saya bakal pake ART deh, setidaknya buat urusan pekerjaan rumah tangga ada yang handle, jadi saya bisa punya waktu untuk resize foto foto dan update blog. terima kasih untuk pengertiannya yaaa...

alhamdulillah dari hamil minggu kelima *saat tau hamil* sampai sekarang pesanan ada terus, alhamdulillah juga masih dikasih kesehatan untuk mengerjakannya, tapi bumil lagi sedikit sedih nih.. Jadi mau curhat sedikit.

Begini, Spatula kan bukan produk pabrikan. Produk rumahan biasa, dibuat oleh ibu yang sama sekali gak ada basic baking/cooking, saya belajar otodidak aja.. coba coba resep, yang (saya rasa) paling enak itu yang saya jual. Tentu selera berbeda beda ya, ada yang satu selera dengan saya, alhamdulillah pesanan berulang. Yang beda selera dengan saya, misalnya pengen manis, atau dekor kue pengen rame *saya minimalis* lebih memilih pesan ke cakeshop lain..

Saya sih gak masalah, toh rejeki sudah diatur oleh Allah. Saya malah kadang suka rekomendasikan ke cakeshop teman saya lho, kalau ada pesanan yang saya rasa tidak bisa saya kerjakan. Misalnya cake dengan figurine fondant 3D, saya gak begitu 'into it' dengan fondant, jadi daripada mengecewakan pelanggan, saya rekomendasikan ke sepupu saya yang memang jago di fondant. Dengan begitu, rejeki saya gak jadi berkurang kok, alhamdulillah semua ada porsinya.

Saya juga terbuka dengan kritik dan masukan. Walau bagaimanapun, kritik itu yang membuat saya seperti sekarang. Belum hebat, tapi setidaknya tidak sepolos 3 tahun lalu, waktu masih bingung..hehehe.. Banyak kritik yang dialamatkan pada saya, baik dari pelanggan maupun dari sesama tukang kue online yang saya anggap guru. Dari mulai kemasan, cara memilih tomat yang baik, cara mengocok whipped cream yang pas untuk dekorasi kue, banyak lah, dan saya berterima kasiiiiih kalau ada yang mau memberi masukan. Karena itu tandanya pelanggan ingin saya lebih baik lagi.

Kemarin saya baru dapat masukan dari pelanggan, yang sebetulnya sih meneruskan masukkan dari koleganya yang pelanggan saya. Terus terang saya agak kaget karena koleganya itu sudah beberapa kali pesan ke saya, bahkan ada beberapa diantaranya yang dipesan untuk hantaran ulang tahun temannya, dan selama itu beliau tidak pernah complain, paling sms kuenya sudah diterima dengan baik, jadi saya asumsikan tidak ada masalah.

Tapi sifat orang beda beda toh, mungkin ybs tidak enak/sungkan untuk bicara dengan saya, jadi saya bertanya langsung via email pada beliau. Tentu sebelumnya minta maaf dulu kalau benar ada pelayanan yang kurang baik dari saya, dan saya bertanya bagian mana yang kurang baik itu, sehingga saya bisa memperbaiki di masa yang akan datang. Saya juga menyesal kenapa masukan itu gak datang lebih awal, di saat kue/pasta baru diterima. Sehingga bisa langsung saya perbaiki.

Sudah 4 hari surat saya kepada beliau tidak dibalas. Sedih sih rasanya karena selama ini beliau saya anggap customer premium, karena satu almamater dengan saya *beliau adik angkatan* juga direkomendasikan oleh dosen pembimbing saya. Saya sih lebih baik diberi masukan dan kritik yang pedas daripada begini, didiamkan saja. Kalau tidak mau pesan lagi ke saya juga tak apa, tapi setidaknya silaturahmi tetap terjalin baik.

Sampai saat ini saya berprasangka baik saja, mungkin beliau sedang sibuk sehingga tidak bisa membalas surat saya, tapi saya masih berharap hubungan baik masih terjaga.

Untuk kedepannya, saya harap pelanggan pelanggan saya yang lain mau memberi masukan dan kritik langsung kepada saya ya, kalau bisa juga begitu ada kekurangan, saat itu juga memberi tahu saya, sehingga saya bisa cepat juga memperbaiki. percayalah saya bukan tukang kue yang tak mau diberi masukan, saya sadar betul kritik itu sangatlah perlu untuk kemajuan saya.

Terima Kasih banyak.. =)

Tidak ada komentar: